Fasilitas dan peralatan fisioterapi yang dimiliki untuk menunjang pelayanan fisioterapi di Rumah Sakit Sumber Waras sebagai berikut :
  A. Elektroterapi
Yaitu arus listrik bolak – balik yang frekuensinya lebih dari 500.000 cycle/detik yang tidak memberikan rangsangan terhadap saraf sensorik dan motorik. Elektroterapi ini terdiri dari :
   
  1. SWD ( Short Wave Diathermy ) yaitu arus listrik yang berfrekuensi 27,12 MHZ. efek dari SWD adalah meningkatkan metabolisme sel – sel local, meningkatkan Vasodilatasi sehingga memperlancar peredaran darah dalam tubuh, menimbulkan efek rileksasi.
  2. MWD ( Micro Wave Diathermy ) yaitu arus listrik yang berfrekuensi 2450 MHZ.  efek deari MWD sama seperti SWD hanya jaringannya bersifat local.
  3. Faradic yaitu arus bolak – balik yang berfrekuensi rendah yang disearahkan. Yang mempunyai efek untuk merangsang saraf sensorik dan motorik dan menimbulkan kontraksi otot.
  4. Interferensi yaitu penggabungan dua arus bolak - balik yang berfrekuensi menengah sehingga menimbulkan frekuensi baru antara 3000 – 5000 Hz yang mempunyai efek untuk merangsang saraf sensorik yang menimbulkan efek pengurangan rasa sakit dan nyeri.
  5. Ultrasonic yaitu suatu gelombang suara dengan frekuensi 0,7 Mhz sampai 3 Mhz   yang mempunyai efek micro massage yang dapat mengurangi rasa nyeri.
  B. Aktinoterapi
Yaitu terapi dengan menggunakan sinar seperti sinar Infra merah, sinar Ultraviolet dan sinar laser.
   
  1. Sinar Inframerah adalah pancaran gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang  7.700 – 4 juta A. Yang memberikan efek rileksasi otot dan memperlancar sirkulasi darah.
  2. Sinar Ultravioelet yaitu pancaran gelombang elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang sekitar 100 nm – 380 nm yang mempunyai efek menambah suplai darah kejaringan, membunuh bakteri, merusak jaringan, merangsang pertumbuhan epidermis, menambah daya tahan kulit terhadap infeksi, mengurangi sakit.
  C. Mekanoterapi
Yaitu terapi dengan mengunakan teknik gerakan – gerakan dan latihan yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi gerak tubuh yang terbatas. Mekanoterapi dapat juga dilakukan dengan massage dan manual terapi. Selain itu untuk menunjang latihan – latihan yang dibutuhkan maka dapat dilakukan dengan mengunakan alat – alat sebagai berikut :
   
  • Shoulder Whell alat untuk latihan sendi bahu.
  • Pararel bar alat untuk latihan jalan.
  • Static by cycle alat untuk latihan penguatan otot – otot tungkai.
  • Telting table alat untuk latihan berdiri.
« Kembali
 
 
     
Rumah Sakit Sumber Waras - Jl. Kyai Tapa No.1 Grogol - Jakarta Barat 11440.
Telp: (021) 5682011, 5605800 - Fax: (021) 5673122
 
Copyright 2005 - Rumah Sakit Sumber Waras | Design by